Sertifikasi Halal Apakah Benar-Benar Halal ?

oleh : Aamir Darwis

Bukan sok pintar atau menggurui tetapi ini hanyalah pendapat.Boleh diterima boleh tidak.
Sebagai seorang muslim,makanan ataupun minuman yang halal adalah hal yang sangat penting karena ini masuk kategori dosa dan tidak dosa sehingga hal ini menjadi urusan yang sangat serius bagi para pemimpin islam katakanlah ulama,kyai atau semacamnya.

Di Indonesia,organisasi yang juga ikut memikirkan hal ini adalah MUI (Majelis Ulama Indonesia) yang sangat ingin menciptakan makanan/minuman yang halal bagi muslim Indonesia.Kita patut syukur karena ini sikap yang bagus tetapi cara mereka menciptakan halal dengan “SERTIFIKASI HALAL” adalah tindakan yang lucu dan aneh.Lha kok aneh dan lucu??? Gini,menurut kami, Sertifikasi Halal adalah nilai rasa yang sangat semu,sebab kehalalan makanan atau minuman yang disertifikasi halal itu apakah benar-benar halal secara menyeluruh?? Dari bahannya,ongkosnya,cara pembuatannya dan lain sebagainya.Bisakah kita tahu bahwa ongkos biaya makanan itu halal??? Bagaimana jika haram??? Bolehlah MUI survei bahwa makanan yang disertivikasi halal saat itu tetapi bagaimana jika dirubah oleh pemiliknya? Sementara MUI tidak mengecek terus menerus.kita benar-benar tidak tahu bahwa makanan atau minuman yang kita terima itu halal .kita cuma tahu kulit luar, mungkin membeli dengan transaksi yang sah atau dikasih disedekahi ,tetapi kulit dalamnya kita benar-benar tidak tahu.Misalnya modal dana untuk makanan itu, kita tidak bisa tahu secara menyeluruh.Bahan-bahannya,kita juga tidak tahu secara menyeluruh.menentukan halal haram sangatlah sulit bin berat tetapi sebagai muslim kita wajib ikhtiar terus menerus untuk mencari kehalalan makan/minuman kita.

Dan di Indonesia yang mayoritas muslim,sertifikasi halal tidaklah dibutuhkan tetapi yang dibutuhkan adalah SERTIFIKASI HARAM.Dengan sertifikasi haram kita bisa menjauhi makanan haram.hahaha.Permasalahannya adalah adakah pabrik makanan/minuman yang mau mensertifikasi keharamannya ditengah-tengah arus kemunafikan tentang makanan dan minuman itu sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s