Sholat Yang Mempengaruhi …

oleh : Aamir Darwis

Dari berbagai ajaran Islam,kita sepakat bahwa jiwa sholat (qouliyah dan fi’liyah) harus diaktualisasikan dalam kehidupan kita sebagai manusia di luar sholat.Sholat yang hanya terpenuhi persyaratan formalnya tanpa masuk ke dalam hati orang yang sholat,sehingga perilaku kesehariannya menjadi baik,maka pelakunya mungkin tergolong Saahuu yaitu orang yang lalai.Ia boleh jadi sholat tetapi perilaku kesehariannya di luar sholat sangat tidak mencerminkan ia pernah melakukan sholat.Ia sholat seperti dalam keadaan mabuk sehingga ia hanya fokus ke formalnya saja tanpa mau berfikir dan mengaplikasikan perbuatan-perbuatan baik setelah sholat.

“seseungguhnya sholat itu dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar” ( Al Ankabut/29 :45)

Kita masih bisa melihat di lapangan banyak orang sholat tetapi perilakunya masih menyimpang? Apa yang salah jika seperti itu? Jelas sekali bukan,bahwa sholatnya hanya formalitas sehingga makna sholat tidak sampai untuk merubah perilaku orang tersebut untuk berubah menjadi lebih baik.

Padahal jika semua perilaku sholat membekas dan mengerti maka orang akan berusaha untuk menjauhi kemungkaran.Dari niat saja seharusnya orang bisa berubah apalagi jika semua bacaan ia dapat dimaknai dan dimengerti sehingga menimbulkan rasa takut,cemas dan penuh harap kepada Tuhan.Takut karena dosa-dosa kita yang banyak sedangkan nikmat Tuhan sangatlah besar sedangkan kita takkan bisa membalas kebaikan tuhan,Cemas akan datangnya hari akherat sehingga perilaku kita menjadi lebih hati-hati,sangat takut berbuat dosa kepada Tuhan dan HARAP semoga Tuhan meridhoinya baik di dunia dan akherat.

Dan intinya,ibadah sholat yaitu ibadah yang dapat menumbuhkan kebaikan kapan saja,dimana saja karena perasaan takut,cemas dan harap kepada Tuhan.Sehingga semua perilakunya ia tujukan kepada Tuhan.Semua perilakunya,ia niatkan untuk mencari Rido Tuhan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s