Sikap Kita Dalam Menghadapi Berita Media Sosial

oleh : Aamir Darwis

Sebuah Pesan Singkat :


Kita sering menemukan tautan-tautan berita di facebook/twitter/instagram/whatsapp dll.Bagaimana sikap kita?? Apakah langsung menerima berita itu mentah-mentah atau kita olah dulu.kita cari tahu kebenarannya.

Di era informasi yang syarat dengan budaya share dan copas,hendaklah kita jangan mudah percaya 100% sebelum kita sudah mengecek sumber atau info yang mendukung kebenaran suatu berita.kita sering berdebat atau saling menghujat dengan adanya berita yang sensasional,kita saling hujat-hujatan sesama teman gara-gara berita itu yang padahal belum jelas kebenaran berita itu.kita harus cermat,apa maksud dari si pembuat ngeshare berita itu? APA TUJUAN BERITA ITU DISHARE?? Jangan sampai kita masuk perangkap penyebar berita yang ingin kita ricuh atau saling menghina atau apapun yang intinya memecah belah kita.jangan terima mentah-mentah suatu berita,cari tahu kebenarannya dengan mencari referensi lain.

Kebanyakan yang ngeshare berita provokasi atau hoax itu sumber referensinya tidak  jelas dan memakai akun palsu.jangan mudah percaya,teliti kebenaran beritanya dahulu.

Iklan

4 thoughts on “Sikap Kita Dalam Menghadapi Berita Media Sosial

  1. Kebanyakan yang kayak gini cuma ikut ikutan doang. Cuma karena ego yg sependapat sama hoax maker, atau ngejar kebanggaan telah ikut men-share berita yang kemungkinan viral. Btw itu lupa ngasih spasi setelah titik mas 👍

    Disukai oleh 1 orang

  2. ‘Knowing the Truth, Seeing the Truth, but Still Believing a Lie’. Btw hoax itu udah jadi industri lho. Pendapatannya tinggi. That’s why masih banyak berita bohong disini bahkan di dunia haha.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s