Formula SSC

oleh : Aamir Darwis




Formula SSC yaitu Sabar,Sukur dan Cinta yang merupakan rumus kemenangan sejati.

Hidup adalah Anugerah Allah SWT.Hidup juga bisa diartikan ujian dari Allah.ujian itu bisa berupa bahagia atau sengsara,senang atau sedih.Dan proses senang dan sedih akan terus terjadi selama manusia itu hidup.Tidak ada manusia yang hidupnya bahagia terus,begitupun juga tidak ada manusia yang sengsara terus.

Dari situ kita mengetahui bahwa senang dan sedih adalah rasa dari manusia dan kita menjadi tahu bahwa dunia diisi dua rasa ini dan sebagai manusia kita harus mencari cara menyikapi dua rasa ini.

Sebenarnya caranya sangat simpel,hal ini sesuai hadits Nabi SAW yaitu seorang muslim selalu dalam kebaikan,jika SAAT BAHAGIA ia BERSUKUR maka bersukur baik untuknya dan jika SAAT MENDAPAT MUSIBAH/SENGSARA ia SABAR maka sabar itu baik untuknya.

SUKUR dan SABAR itulah kunci menyikapi rasa bahagia dan sengsara.Tetapi untuk konsisten dalam sabar dan sukur sulitnya bukan main,kita harus punya satu kunci lagi supaya kita dapat konsisten dikedua hal tersebut.

kunci itu adalah perasaan sepenuh hati bahwa ia sebagai manusia MENCINTAI ALLAH.lalu bagaimana caranya? Semisal saat kita ditimpa musibah jika kita hanya memikirkan musibah itu tanpa memikirkan solusinya kita akan terjebak dlm musibah itu.kita disuruh mengucap Innalillahi wainnailaihiroji’un saat mendapat musibah maksudnya adalah supaya kita langsung sadar bahwa semua musibah datang dari Allah dan pasti Allah punya niat baik untuk kita.mungkin Allah akan menaikan derajat kita atau mengampuni dosa kita.jika kita bisa menghadirkan perasaan ini saat datang musibah maka musibah itu akan menjadi sangat kecil karena yang dipikiran kita adalah Rasa cinta kpd Allah.Coba jika kita tidak pernah memikirkan Allah pasti kita terjebak dalam ironi musibah itu.Oleh karena itu kita harus belajar secara terus menerus mencintai Allah.

Dan rasa satunya lagi yaitu bahagia adalah rasa yang menurutku mengkhawatirkan untuk manusia.kok menghawatirkan kn bahagia??? iya karena jika kita terjebak lingkar bahagia kita akan menjadi manusia yang sombong,tamak,ria dan bisa-bisa menjadi perusak dunia.kunci sukur harus kita tanamkan terus menerus dalam hidup kita.baik itu sukur secara lisan dengan mengucap Alhamdulillah atau sukur secara perbuatan dengan bersedekah,berbuat baik sesama manusia dan amal baik lainnya.walau kita tahu bahwa sukur kita sebenarnya tak akan bisa sempurna karena nikmat Allah nyatanya lebih besar daripada rasa sukur kita bahkan menghitung nikmatNya Allah kita tidak akan sanggup menghitungnya karena begitu banyaknya.tapi kita wajib bersukur secara konsisten.

Dunia seharusnya tidak ada perang jika saja mereka yang berperang memiliki sifat sukur dan sabar.kok bisa? mereka berperang hanya ingin menguasai dan supaya menjadi nomer satu di dunia dan itu adalah jauh dari rasa sukur.Seandainya mereka yg berperang sadar bahwa anugrah Allah yang menjadikan mereka sejahtera di dunia maka seharusnya tidak ada sifat menguasai seharusnya mereka bisa membantu kaum/negara yg miskin.bukan malah menjajahnya,dan ini wujud dari rasa sukur secara perbuatan.jika semua orang punya sifat sukur dan sabar insyaAllah dunia akan makmur.

Kasus lainnya,Seaindainya orang yang disakiti bisa Sabar maka pasti tidak akan ada perang.mereka melawan peperangan dengan kesabaran dan membalas perang dengan kebaikan.membalas kejahatan dengan kebaikan.inilah ciri pribadi muslim.

Sebagaimana Kisah Rosululloh SAW,beliau membalas orang yang sering berbuat jahat pada beliau dengan mengujungi orang itu saat orang itu sedang sakit.inilah pribadi tangguh dan contoh perlawan terbaik sepanjang hidup manusia.Rosululloh melawan org itu tidak membalas dengan kejahatan tapi beliau melawan dengan kebaikan.Dan ini berhasil dengan sukses.orang itu masuk islam dan orang itu yang dulunya membenci Rosululloh menjadi orang yang sangat mengagumi beliau.

Marilah kita tanamkan rasa sukur dan sabar dalam hidup kita dan siramilah kehidupan ini dengan RASA CINTA KEPADA ALLAH.dan lawanlah dunia ini dengan kebaikan.

Iklan

17 thoughts on “Formula SSC

  1. Rumahku dilumajang tp kuliahku d jember . Ayo main2 ke sini. Dilumajang ada banyak tempat wisata juga kokk . Gunung,pantai,air terjun, dll. Ada semua disini 😀

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s