Mudik,Motor Dan Semoga Selamat

oleh : Aamir Darwis

MUDIK adalah budaya  yang boleh jadi hanya ada di Indonesia walau mudik bisa diartikan pulang kampung tetapi istilah mudik hanya ada di Indonesia.Ini menjadi spesial karena kebanyakan mudik adalah pulang  kampung untuk menemui orang tua dan sanak saudara.Setelah setahun bekerja di perantauan tetap saja tanah kelahiran menjadi tujuan utama pulang.Dan kenangan-kenangan di kampung halaman terkadang sangat sulit untuk dilupakan.Kebersamaan bersama orang tua dan Kerukunan Warga Kampung salah satu yang paling dirindukan.

 
Persoalan terbesar para perantau adalah kurangnya lapangan kerja yang mendukung sehingga mereka terpaksa hijrah alias merantau.Ini PR besar bagi pemerintah yang sebagai penguasa harus bisa menciptakan lapangan kerja bagi orang kampung.walau masalah lapangan kerja itu berhubungan mutualisme dengan kreatifitas hak seseorang tetapi saya kira pemerintah juga punya tanggung jawab yang besar tentang hal ini.

Masalah yang sering terjadi bahkan menjadi fenomena pembunuhan masal adalah banyaknya kecelakaan lalulintas saat mudik terjadi. berdasarkan data POLRI, jumlah kecelakaan sepeda motor mengalami penurunan sebesar 22% dari angka 3.888 (tahun 2014) menjadi 3.049 (tahun 2015).tetapi hal ini bukanlah kebanggan karena 3.049 jiwa nyawa tetap tidak bisa diselamatkan.

Melarang pemudik untuk tidak mudik memakai motor bukanlah saran yang tidak bagus tetapi hal ini harus dipahami bahwa hal ini tidak akan bisa terlaksana.Bahwa memaksa masyarakat untuk tidak mudik memakai motor adalah hal yang mustahil.

Banyak faktor mengapa pemudik memilih motor daripada bus/angkutan umum.Faktor praktis bisa istirahat kapan saja,faktor cepat,faktor tidak terkendala jadwal juga salah satu alasan mengapa banyak pemudik memilih motor sebagai amunisinya.

Kecelakaan lalulintas motor juga banyak sebabnya.Diantaranya jalanan yang berlubang,tidak adanya lampu penerangan jalanan,rambu lalulintas yang rusak masih banyak disana sini kita melihat di arus jalanan pemudik kita.Pemerintah memang telah mencanangkan perbaikan jalanan terutama di titik-titik rawan kecelakaan.Pemerintah sebagai penyelenggara Negara wajib memberikan fasilitas umum baik jalanan,rambu lalulintas,penerangan dan lain sebagainya dengan fasilitas kelas wahid jika ingin rakyatnya aman sentosa saat mudik.setidaknya inilah hak yang harus terus menerus dilakukan pemerintah.

Nyawa adalah hak tuhan dan sebagai manusia kita hanya bisa menjaganya sebisa kita.inilah hak pemudik bahwa menjaga nyawanya sendiri itu adalah kewajibannya sendiri.Bagaimana caranya supaya mudik memakai motor aman? Kita tidak bisa menjawab dengan jawaban yang pasti karena ini menyangkut hak preogatif tuhan. 
Yang bisa saya lakukan ya bagaiamana kita berusaha sebaik mungkin menjaga nyawa kita.kita taati rambu lalulintas,kita perkuat fokus kita jangan sampai lengah,pastikan badan kita benar-benar siap untuk mudik,kita taati batas kecepatan maksimal motor saat berkendara,kita lengkapi diri kita dengan safety reading yang bagus dan yang terpenting  berdo’alah kepada tuhan.semoga kita selamat ya…

#SaatMudikLebaran #repost #RepostDariBlogLama

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s