Sampingan

Tribut Atas Nama

Oleh : Aamir Darwis

Kegalauan mencari Nama Pena yang tepat dan bagus dirasa belum cukup bagiku.Apakah nama pena sebegitu pentingkah? Apakah Nama asli sebegitu pentingkah? Terlepas dari semua itu hakekat nama adalah do’a yang semestinya bermakna baik.Bukan asal keren saja tetapi arti nama yang baik itu lebih penting.

Entah kenapa perasaan itu selalu muncul jika aku sudah mulai bosan dengan nama pena saya.Dari Amirzona,Emir Ahmad,Amir Ampro, dan Amir Nihat.Ada semacam rasa bosan dan pengin ganti nama pena lagi dan lagi.

Tetapi untuk kali ini aku harus berfikir ulang.Aku bukanlah penulis tenar semacam Tere Liye,Raditya Dika,Dee Lestari, atau Guru saya sekaligus seseorang yang memotivasi saya dalam menulis.Beliau adalah  CAK NUN(Emha Ainun Nadjib).Bahkan saya masuk dalam jamaah pengajiannya yakni Maiyah.Maiyahan yang saya ikuti adalah Kenduri Cinta Jakarta.

Dari Cak Nun yang notabene seorang guru sufi sekaligus penulis hebat dan unggul,maka dicarilah padanan kata sufi.Dan saya menemukan nama Darwis.Dari situlah saya menambahkan kata Darwis.Nama saya aslinya adalah Muhammad Amiruddin.Dipanggil Aamir.Maka nama pena saya menjadi Aamir Darwis.

Wujud kegalauan saya adalah pada arti nama pena gabungan itu.Aamir Darwis yang diartikan Pemimpin Sufi atau Yang memakmurkan sufi.Padahal saya bukan bagian dari sufi.Saya hanyalah pengagum.Nama ini terdengar berat karena artinya yang  bagus itu.Namun perlahan aku sadari.Bahwa Nama adalah do’a dan usaha.

Nama memang penting tetapi sikap dan perilaku kita sebagai manusia lebih penting.Nama menjadi wadah tanggungjawab atas tulisan,karya,sikap,perilaku dan pada akhirnya yang akan dilihat dan dipertanggungjawabkan adalah manusia itu sendiri.Nama menjadi distributor atas kebingungan manusia untuk membedakan manusia satu dengan manusia yang lain.

Dengan demikian,saya sudah tak mempermasalahkan nama lagi.Semoga istikomah dengan nama pena ini.Amiin

Iklan

12 thoughts on “Tribut Atas Nama

  1. Alhamdulilah. Memang nama yang baik sesuai agama adalah dianjurkan. Namun bila terlanjur punya yang kurang pas di hati dan repot untuk menggantonya, rasanya kita bersyukur saja dan memperindah dengan pribadi kita. Janganlah kita repot dengan ini itu, mengaitkan dengan ini itu (kecuali sesuai akidah kita) yang jatuhnya mempersempit ruang ibadah kita dan mengarah ke musyrik padahal selain berserah kepada Allah SWT dilarang lagipula alam ini yang paling sempurna adalah manusia. Tidak ada panutan selain itu. Jadi biarlah yang telah terbentuk atau dinamai oleh orangtua kita disyukuri dan mohon ampun untuk beliau dengan memperbaik diri kita bareng doa untuk mereka. Alaah…ngalor ngidul nih saya. Tapi maaf lho sebesarnya, bukan mendahului, ini spontan tanpa editan. Sukses dan Wasalam.

    Suka

  2. Bahkan nama sudah tk terlalu difikirkn jika sudah mengenal wajah dan akrab.. Misalnya teman kantor atau teman kerja.. bnyk yg g tau namanya tp tau orgnya dr wajahnya

    Suka

  3. Wah bung itu sih namanya keterlaluan jika sdh setiap hari ketemu masih lupa sama nama wkwkwk tapi kalau saya pasti nda lupa sama wajah, cuma kalau baru kenal biasanya akan nanya nama sampai berkali kali wkwkk

    Suka

  4. Ya pertanyaan yg punya ambiguitas dari shakespeare. Seolah-olah nama tidak penting padahal justru ia mempertanyakan knp prilaku org kadang tidak sebagus namanya. Krn pada dasarnya nama adl doa orang tua sewaktu anak mereka lahir.

    Suka

  5. Benar.. nama adlh do’a jd mmng penting ttp nama adlh wadah dr semua perilaku kita.. Nama merupakan pertanggungjawaban sikap,sifat,perilaku kita sehari”.. sesuai Hadits bahwa nama adlh do’a maka berikanlah nama yg baik..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s