Sampingan

Tulisan Amnesia Tulisan Hampa

oleh : Aamir Darwis

Aku menulis rubrik ini dalam rangka memetakan tentang untuk apa aku menulis.Untuk apa capek-capek mengetik sekaligus memeras otak jika goalnya tidak sesuai dengan tujuan awal menulis.Tujuan awal aku menulis adalah berbuat baik sekaligus sharing keilmuan apa yang aku ketahui kepada orang lain.Aku pun meminjam istilah Pram bahwa menulis adalah mewarisi ilmu dalam keabadian.Kurang lebih seperti itu.

Namun berjalan dengan waktu dan pengalaman,aku mulai melirik hal lain yang sebenarnya bukanlah titik-titik yang aku kejar.Aku me-like postingan orang lain itu dalam rangka membahagiakan yang punya postingan,jujur saja malah kadang-kadang aku tidak sempat untuk membaca.Aku pun tidak terlalu ngeh dengan banyaknya like ataupun komen yang dialamatkan kepadaku.Tetapi meskipun begitu,aku tetap mengucapkan terimakasih kepada yang mau me-like tulisanku.Bukan tidak mau dikomen atau like tetapi yang paling aku harapkan dari pembaca tulisanku memang mereka bisa mendapatkan hikmah dari tulisan-tulisanku.Itupun jika tulisanku ada hikmahnya,karena terkadang tulisanku malah seperti kantong sampah yang berserakan tanpa makna.Artinya tulisanku tidak bisa membawa kebaikan buat orang lain.Untuk itu dengan segala hal semacam itu,aku minta maaf sebesar-besarnya jika ada tulisan yang nyampah dan membuat pembaca tersinggung.

Kegiatan semacam blogwalking sangatlah bagus jika itu tujuannya adalah menambah teman,silaturahmi sekaligus urun rembug mbahas sebuah tulisan.Ini benar-benar bermanfaat,tetapi untuk saat ini aku memang belum terlalu melakukannya sebab memang waktu untuk nge-blog yang tidak terlalu banyak.Aku masih sibuk urusan pekerjaan,belum lagi urusan rumah dan kegiatan sosial yang aku ikuti.

Yang aku inginkan dari tulisan-tulisanku adalah bisa bermanfaat dan berguna untuk pembaca,tanpa like atau komenpun bukan jadi soal asalkan maksud yang aku inginkan dimengerti dan diambil hikmahnya kalau ada.Sekali lagi,menurutku tulisan yang bagus bukanlah yang banyak like atau komen tetapi yang paling banyak membekas dihati pembaca sehingga menggerakan pembaca untuk berbuat kebaikan tetapi like atau komen juga semacam simbiosis mutualisme,Tulisan yang bagus memang banyak like dan komennya,tetapi sebagai catatan ini tidak semua demikian.

Aku juga sempat tergoda dengan statistik kunjungan,senang banget kalau statistik nambah.Namun aku juga harus berpikir ulang,bahwa manusia itu sifatnya menyampaikan bukan memaksakan.Artinya dibaca atau tidak dibaca,ketulusan hati yang akan sampai kepada Tuhan.Statistik kunjungan merupakan bonus dari usaha kita untuk menulis,namun jangan sampai berbangga diri karena tujuan awal menulis adalah untuk beramal.Semoga bisa kembali ke tujuan awal dalam menulis,Salam literasi.. Tebarkan Kebaikan lewat tulisan,Semangat!!!!

24 thoughts on “Tulisan Amnesia Tulisan Hampa

  1. Wahh.. Iya terkadang fokus dlm menulis berubah seiring berjalannya waktu. Namun, kita memang harus sesekali refleksi utk kembali pada tujuan nulis yaitu menyebarkan kebaikan dan memberi manfaat.

    Kalo saya pribadi.. Saya ga suka kalo tulisan saya di like tapi tidak dibaca..

    Disukai oleh 1 orang

  2. Saya lumayan sering baca artikel anda.Tetapi sejauh ini saya lihat tulisan mas masih sejalan dengan tujuan yang anda jabarkan di atas.Tulisannya selalu inspiratif dan mencerahkan.

    Iya,saya sependapat ama tulisan mba wawa,lebih baik gak dilike jika memang enggan membaca.Karena cuman bikin minder penulis amatir seperti saya.wkkkk

    Disukai oleh 2 orang

  3. Kalau saya beda mas. Tujuan berubah ada blog baru :D, blog wordpress sudah memberi saya banyak pelajaran jadi pas step out ke blog baru sudah siap.

    Lagipula klw jita post banyak hal dengan kategori berbeda, pasti ada 1 atau 2 yg masih sesuai tujuan. Klw saya agak berubah, dulunya bahas musik rock yg jarang dibahas blog lain.

    Disukai oleh 1 orang

  4. Hmm…benar sekali tulisan yang bagus bukanlah yang banyak like atau komen tetapi yang paling banyak membekas dihati pembaca sehingga menggerakan pembaca untuk berbuat kebaikan, tetapi banyaknya like dan komen dapat memotivasi kita untuk tetap menulis.
    Salam literasi juga

    Disukai oleh 1 orang

  5. Awal ngeblog saya juga sempat terpaku dengan statistik. Saya pikir itu wajar, yang terpenting adalah konsistensi dan menjadikan menulis aktifitas yg menyenangkan. Jangan sampai kita terpaksa menulis hanya ngejar angka statistik.. Kalaupun sibuk dengan pekerjaan, mungkin itu waktunya rehat.. Tapi tetap berpikiran bawah menulis itu menyenangkan..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

