Sampingan

Pesan Buat Calon Perantau

oleh : Aamir Darwis

Lebaran telah usai,Prokul harus berangkat lagi ke perantaun.Mencari rezeki lagi sebagai kuli alias karyawan pabrik.Namun kali ini,ia membawa Faiz ikut merantau.Faiz adalah lulusan baru yang sepertinya tergiur akan keindahan rezeki di ibu kota.

Padahal tidak seperti itu,Mencari rezeki di ibu kota tidaklah mudah seperti yang dibayangkan.Hidup enak,Duit banyak dan bisa main kapan saja.Ini adalah anggapan semu belaka.

Sebelum berangkat esok hari,Prokul berbincang-bincang dengan Faiz tentang masalah hidup di perantauan yang katanya enak itu.

“Iz,saya mau katakan bahwa semasa kita sekolah STM dulu membayangkan bahwa hidup di perantauan itu enak ya.Duit banyak,bisa beli motor bagus dan bebas liburan kapan saja.Ini anggapan yang sangat keliru.Hidup di perantauan itu sama saja dengan bertarung melawan waktu.Kerja,kerja dan kerja.Sangat sedikit waktu yang digunakan untuk sekedar liburan.Jadi anggapan bahwa kerja itu enak hanyalah kesalahan.Kerja itu capek.Kerja itu perjuangan.Dan sebagai mantan anak sekolah dulu aku juga berfikiran seperti itu.Karena fokus kita ke uangnya bukan ke beban pekerjaannya.” Kata Prokul

Faiz tetap saja ngeyel,

“Tapi tetap saja bahwa dengan merantau setidaknya kita mengurangi beban orangtua.Malahan sedikit banyak bisa membantu orangtua.Memperbaiki rumah,membayar biaya sekolah adik atau Membeli motor buat orangtua.” Ucap Faiz

Prokul tidak membalas dengan respon yang seolah meremehkan,dia malah memberi sedikit petuah buat Faiz.

“Baik kalau begitu.Niatmu sudah mantap dan aku pun akan berusaha sebisaku menolongmu.Aku akan memberi tahu pengalaman-pengalaman pahit di rantau.Bukan untuk menakutimu tetapi supaya kau tahu.Ini lumayan penting.”

“Pertama.Di tanah rantau kamu harus percaya pada orang yang benar-benar kau kenal.Jangan mempercayai orang yang baru dikenal atau pura-pura kenal.Pura-pura mengaku sedaerah dengan kita ataupun pura-pura akrab dengan kita.Ini modus ‘sok kenal sok dekat’.Sudah banyak perantau yang kena tipu.Temanku juga ada.Ceritanya gini,temanku didatangi orang yang mengaku sedaerah dengan kita,bahasa omongannya pun persis dengan kita kemudian minta tolong bahwa ia mencari kos-kosan.Saat itu kebetulan ada kos-kosan sebelah yang kosong maka karena menyangka benar-benar sedaerah diberitahukanlah lokasi kos-kosan.Singkat cerita orang itu sok akrab mengajak main ke alun-alun.Pesan kopi dan rokokan.Tapi dengan alasan bahwa duitnya ketinggalan maka dia meminjam motor untuk mengambil duit di ATM.Anehnya teman saya malahan percaya saja dan nunggu orangnya di alun-alun.Motornya dibawa kabur.Ini modus sok akrab sok dekat.Hati-hati di perantauan,jangan mempercayai orang yang baru dikenal ataupun dikenal juga harus waspada.Karena ada juga teman saya yang di ambil motornya beberapa bulan.Tidak disangka dan tidak diduga,maka kita harus selalu waspada dan jangan sampai memberi sedikitpun kesempatan buat orang yang sok kenal sok dekat.Itu hanya contoh.Masih banyak kejadian dengan menggunakan modus sok kenal sok dekat.”

“Kedua.Modus mendapatkan hadiah di mall,supermarket ataupun swalayan.Aku juga pernah ketipu modus semacam ini.Ceritanya gini,Saat main ke mall tiba-tiba didatangi sales yang membawa kertas berisikan kupon hadiah.Dia meminta untuk aku menggosok kupon tersebut (padahal mereka sudah tahu bahwa kode itu pasti benar) jika kita percaya maka akan digiring ke lokasi tertentu dan akan ditawari barang-barang elektronik.Ada laptop,adakompor listrik,ada setrika,dan yang lain sebagainya.Harganya ditulis seolah harganya mahal banget padahal dipasaran sebenarnya hanya setengahnya saja.Orang yang mempercayai akan ditanyai dan disuruh memilih lembaran undian.Dan disuruh menandatangani perjanjian bahwa yang dapat hadiah setuju untuk membeli hadiah tersebut.Ini merupakan strategi mereka supaya aman dari kejaran hukum karena memiliki nota perjanjian.Jika kita percaya saja,maka kitapun mendatangi nota perjanjian itu dan disuruh mengambil undian.Boom..Mereka memberi selamat seolah kita endapat hadiah.Padahal harga dari hadiah itu anjlok di pasaran.Hingga akhirnya penyesalan dan merasa kena tipu.Kamu harus hati-hati dengan sales yang menawarkan hadiah di supermarket itu kedok penipuan.Secara teori jika tahu itu berhadiah pasti mereka ambil sendiri kan,bukan malah dilempar ke masyarakat.Ini menunjukan bahwa itu modus penipuan.”

“Ketiga,Jangan memberi kesempatan sekecil apapun pada maling.Motor harus dikunci ganda,rumah harus selalu di cek sudah di kunci apa belum jika mau bepergian,pokoknya kita harus selalu waspada.”

“Tapi kamu tidak perlu takut yang berlebihan,aku memberitahu ini supaya kamu tidak kena tipu.Aku sudah kena,temanku juga.Tetapi jangan sampai calon pekerja baru kena tipu juga.”

Tiba-tiba Prokul menoleh ke Aska ( Masih sekolah STM) dan memberi petuah juga kepadanya

“Untukmu Ka,mumpung masih sekolah.Perbanyak mencari teman,cari relasi teman yang banyak.Ikut kegiatan ekstra juga baik.Semacam osis,pramuka,.Ini penting guna memperbanyak ruang dalam hubungan kelak saat mencari pekerjaan.Jika kita punya banyak teman kan itu menjadi mudah kita bisa tanya dan sharing ke teman.Coba jika kita memiliki sedikit teman,akan sangat sulit jika kita kelak akan lulus karena relasinya yang sedikit.Maka dari itu,ikutlah program sekolah.Cari teman sebanyak-banyaknya mumpung masih sekolah.”

Mereka kini menikmati gorengan yang disuguhkan oleh Ibunya Prokul,minum kopi dan rokokan.Semoga saja tidak ada lagi perantau yang kena tipu ditanah rantau.Selalu waspada dan perbanyak sharing ke teman-teman yang dikenal.masalah pekerjaan,lingkungan sekitar,cerita-cerita maupun modus-modus kejahatan di tanah rantau kita harus selalu mengupdate supaya kita tidak kena tipu juga.

Sampingan

Strategi Beli Tiket Konser Super Murah

oleh : Aamir Darwis

Ada konser Fly Away Freedom Song (FAFS) musisi regee yang sedang naik daun asal Kebumen,Prokul dan teman-temannya mau nonton konser tersebut.

Masalah muncul saat ternyata konser itu harus menggunakan tiket masuk seharga 20 ribu.Prokul ternyata hanya membawa duit 5ribu doang.Teman-temannya sudah pada masuk ke tempat konser karena sudah bayar semua.

Prokul mencari calo tiket.

10 menit sebelum konser dimulai…

Prokul       : Bang,tiket berapaan ? biar cepet masuknya bang..Gak perlu ngantri beli tiket nih

Calo Tiket : 40 ribu Mas.. dijamin langsung masuk

Prokul       : (dalam hati : Brengsek mahal banget! Nyampe setengahnya) Ok bang,Nanti saya beli

Ternyata konser sudah mulai,5 menit waktu konser berlalu Prokul mencari Calo Tiket itu lagi

Prokul       : Bang..Bang sini bang..Saya beli tiketnya ya

Calo tiket : Saya murahin mas..Harganya 25ribu ya..

Prokul    : Mahal banget Bang,konser sudah mulai nih.. Saya beli 5ribu aja ya daripada Abang rugi tiketnya hangus mending saya beli

Calo tiket : (Pintar juga nih bocah..Nungguin waktu konser berjalan dulu,tapi daripada gue rugi banyak mending kasih aja) oke mas..Ini tiketnya 5 ribu

Prokul : Yoman,thankyou Bang.Hahaha 

Sampingan

Pesan Buat Bokepers

oleh : Aamir Darwis

Jatmiko geram kepada Prokul yang mengeluarkan pernyataan bahwa nonton bokep itu boleh saja hanya saja ada syaratnya.Jatmiko langsung memukul habis pernyataan Prokul.

Jatmiko : Dengan dasar dan pertimbangan apa,kamu mengatakan bahwa nonton bokep itu boleh.Congormu itu lho Kul..

Prokul    : Ya emang boleh saja nonton bokep tetapi ada syaratnya..

Jatmiko : Syarat segala,hal yang buruk itu tak ada toleransi.Nonton bokep itu haram.titik!

Prokul   : Jare sopo nonton bokep haram ? Boleh kok..

Jatmiko : Astaghfirulloh.. Insyaf Kul..otakmu perlu direstart kembali..

Prokul    : Ya emang boleh asalkan syaratnya terpenuhi.

Jatmiko : Apa syaratnya,awas saja kalau kau mengarang

Prokul    : Syaratnya adalah matamu ditutup rapat-rapat dan telingamu juga ditutup rapat-rapat.Jadi kamu hanya bisa melihat kegelapan saat nonton bokep.Hahahaha.Jadi sah kan.Boleh kan? 

Jatmiko  : Huuu bocah edannn!!! Itu sih bukan nonton namanya..

Prokul : Ya itu.. Nonton sih boleh saja asalkan syarat itu terpenuhi.Wkwkwk

Sampingan

Kisah Sarpin Dan Saimun Part 36 : Air Dan Wudlu 

oleh : Aamir Darwis

Tiba-tiba sore hari ini mendung dan mulai turun hujan.Hujan adalah rahmat dari Tuhan.Sarpin dan Saimun langsung mengambil pakaian yang mereka jemur dengan tali di depan gubugnya Mbah Kyai.Sedangkan Simbah Kyai sendiri tidak tahu sekarang dimana,Beliau biasa nglayab sendirian sambil menikmati alam dan mensyukuri segala kehidupan.

Setelah semua pakaian dimasukan ke dalam gubug,memang tidak banyak pakainnya,Sarpin dan Saimun hanya membawa 3 stel baju saja,3stel celana dalam,3 stek celana,3 stel sarung,dan satu buah peci.Hal ini menunjukan persis seperti yang diajarkan Mbah Kyai untuk hidup sederhana.

Mereka kini sambil menikmati hujan juga membawa minuman kopi untuk diseduh.Mereka pun ngobrol kembali.

“Jika lihat air,saya teringat lagi proses wudlu,Mun.Bahwa kita harus menyempurnakan wudlu kita meskipun itu dalam kondisi dingin sekalipun.Itu karena yang disabdakan Kanjeng Nabi bahwa menyempurnakan wudlu itu bisa menghapus kesalahan-kesalahan kita.Nabi juga bersabda yang isinya bahwa nanti di hari kiamat orang yang ahli wudlu akan bercahaya wajah dan anggota tubuhnya yang dibasuhi wudlu.Jadi wudlu bukan hanya sekedar membasuh air semata,ia adalah ibadah yang bernilai amal dan sesuatu yang baik untuk kita lakukan.Kita harus terus berusaha menyempurnakan wudlu kita,Mun.” Kata Sarpin 

Saimun merespon,

“Klop setuju banget aku,Pin.Aku malah teringat hadist yang Rosululluh bersabda bahwa seorang yang menyempurnakan wudlunya kemudian mengucapkan Asyhadu alla ilahaillallah wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa rosuluh maka dibukakanlah untuknya pintu surga dan dia bebas masuk lewat pintu yang dikehendaki.Imam Tirmdzi menambahkan ucapan Allahummaj’alni minat tawwabina waj’alni minal mutattohirin yang artinya Ya Allah jadikanlah saya termasuk golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah saya termasuk golongan orang-orang yang bersuci.Membaca sampai akhir lebih bagus.Dan semoga saja kita selalu ingat untuk selalu berdoa jika mengakhiri wudlu.” Saimun menjawab

Mereka kini menyeruput kopi seduhannya masing-masing,Sarpin yang perokok langsung kebul-kebul sedangkan Saimun yang bukan perokok menikmati hujan dan mensyukuri akan datangnya hujan.Mereka tidak mau menyalahkan proses hujan.Ada manusia yang saat hujan,nesu minta panas.Saat panas,nesu minta hujan.Padahal kita manusia adalah kaum yang nyadongan yang tidak punya apa-apa bahkan diri sendiri kita inipun milik Tuhan.